Isuzu Phanter LV

Phanter menjadi salah satu merek mobil yang sangat populer di tahun 2000-an. Sejak awal muncul, Isuzu menyasar pasar MPV sehingga yang diciptakan adalah kendaraan yang cocok untuk perjalanan keluarga. Salah satu improvement Phaanter yang populer adalah Isuzu Phanter LV. Mobil ini memiliki dimensi yang besar dan fiturnya yang lebih baik dari geenerasi sebelumnya.

Spesifikasi Isuzu Phanter LV

Phanter menggunakan mesin dengan kapasitas 2500 cc. Tentunya, bahan bakar yang digunakan adalah diesel. Tenaga yang dihasilkan adalah 78 HP dengan nilai torsi maksimum sebesar 191 Nm. Mesin terdiri dari 4 silinder dan 16 katup DOHC. Hanya ada satu varian transmisi pada Phanter LV yakni manual dengan 5 level kecepatan.

Suspensi depan mobil menggunakan double wishbone sementara di bagian belakangnya menggunakan multi-link. Dimensi mobil ini adalah 4475 mm untuk panjangnya, lebar 1680 mm, tinggi 1790 mm dan berat kotornya sebesar 2150 kg. Di dalamnya, mobil bisa menampung hingga 8 orang penumpang, sementara kapasitas tangkinya sebanyak 55 liter.

Interior Isuzu Phanter LV

Berbeda dengan mobil zaman sekarang, Phanter yang satu ini sudah menggunakan trim pntu yang soft touch. Warnanya hitam dengan aksen abu-abu. Handle pintu masih berbahan plastik disertai tombol pengunci. Jendela hanya bisa dinaik-turunkan dengan menggunakan engkel yang terletak di bagian bawah. Tidak ada arm-rest di bagian pintu, namun hand gripnya bisa sekaligus dijadikan door pocket.

Kemudi berukuran besar dengan dua palang. Warnanya hitam dan masih bersifat fix, tanpa tilt dan teleskopik. Desainnya juga polos seperti Isuzu Phanter LS karena tidak ada cruise control maupun audio steering switch. Bagian belakang stir terdapat tombol untuk mengatur spionnya yang sudah elektrik. Sementara speedometer mobil tampil manual disertai dengan jarum penunjuk BBM.

Bagian head unit mobil lebih baik jika dibandingkan dengan versi sebelum improvement. Kini pengguna bisa merasakan fitur hiburan seperti radio AM/FM, memutar CD, mendengarkan lagu menggunakan soket USSB, dan juga suara yang dihasilkan dari speaker bagian depan dan belakang. Mobil juga dilengkapi dengan AC yang bisa dijadikan heater, namun pengaturannya masih manual.

Kapasitas kursi mobil mencapai 9 orang penumpang dengan porsi 2:3:4. Bagian belakangnya masih berupa kursi yang saling menghadap ke samping. Jika kursi dilipat ke atas, maka bisa dijadikan bagasi yang kapasitasnya sangat luas. Kursi dicover dengan bahan kulit, dilengkapi dengan sabuk pengaman hingga baris kedua, dan juga headrest yang adjustable.

Exterior Isuzu Phanter LV

Tampilan Isuzu Phanter ini tak jauh dari generasi sebelumnya. Hanya saja, di beberapa bagian seperti lampu utama didesain lebih membulat sehingga terkesan modern. Bagian lamu masih menggunakan bohlam, mulai dari lampu utama, lampu senja, maupun lampu seinnya. Sayangnya, mobil klasik ini tidak dilengkapi dengan fog lamp sehingga covernya hanya dijadikan hiasan saja.

Bagian grille mobil dibuat dengan ukuran yang sedang. Tidak ada aksen krom di mobil ini, ilahnya malah berasal dari bagian bodi mobil. Di bagian belakangnya adalah warna hitam dan tengah grille terdapat tulisan Isuzu. Tambahan yang khas dan tidak ada di geenerasi sebelumnya adalah body kit mobil dengan warna hitam sehingga kesannya lebih sporty.

Velg mobil masih menggunakan bahan kaleng dengan desain bintang berukuran 14 inch. Bannya menggunakan Bridgestone dengan profil 180/80 R14. Spion mobil masih menggunakan cover sewarna bodi dan tanpa tambahan sein. Handle pintu bermodel tarik ke atas dengan warna hitam. Karena mobil ini termasuk mobil lama, kuncinya masih berupa manual dan terletak di samping handle.

Bagian belakang mobil ini tampil minimalis, hampir mirip dengan Isuzu Phanter SMART. Tidak ada wiper, spoiler, maupun defogger. Lampu mundur dan lampu seinnya masih menggunakan jenis bohlam yang didesain persegi panjang ke bawah. Bukaan pintu bagasi ditarik ke samping seperti tipe Carry. Mobil tidak dilengkapi ssensor parkir maupun kamera parkir.

Harga Isuzu Phanter LV

Tipe Isuzu Phanter LV dibanderol dengan harga Rp. 266,5 juta untuk OTR Jabodetabek. Di kelas MPV yang minim dengan fitur, tentunya harga ini tergolong medium. Yang menarik dari merek Isuzu ialah suku cadang dan biaya perawatannya yang murah sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Dari segi kenyamanan, mobil ini juga juara karena kabinnya yang lega.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *